Senin, 24 Juni 2013

Antivirus

Dengan perkembangan teknologi saat ini, kita semua pasti sangat memerlukan antivirus yang terpasang dilaptop atau komputer kita.  Antivirus merupakan sebuah sistem perangkat lunak yang digunakan untuk mengamankan sistem operasi komputer dari gangguan dan ancaman virus dengan mendeteksi virus dan menghapus virus tersebut atau mengurung virus tersebut ke dalam sistem antivirus itu sendiri. Teknik-teknik yang diterapkan oleh antivirus untuk memberikan pengamanan pada komputer kita, yaitu :
  1. Pendeteksian dengan basis data virus signature. Cara kerjanya yaitu dengan mencari tanda-tanda keberadaan virus dengan menggunakan sebagian kecil dari kode virus yang telah dianalisa oleh pencipta antivirus dan telah di katalogisasikan sesuai dengan  jenisnya, ukurannya, kemampuannya untuk menghapus virus
  2. Pendeteksian dengan cara melihat bagaimana viru itu bekerja. Cara kerjanya yaitu dengan memakai kebijakan yang harus diterapkan untuk mendeteksi keberadaan sebuah virus. Jika terdapat tanda-tanda perangkatlunak yang tidak seharusnya menurut kebijakan yang diterapkan, maka antivirus akan menghentikan proses tersebut dan juga bisa mengisolasi proses tersebut hingga admin menentukan apa yang akan dilakukan selanjutnya.

Program antivirus pertama kali muncul pada tahun 1986 sebagai respon akibat perkembangan virus yang sudah semakin banyak. Namun, virus sendiri pertama kali muncul pada tahun 1970, tetapi banyak orang yang tidak terlalu memikirkan ancaman dan serangan virus tersebut. Virus yang pertama kali muncul bernama Virus Brain. Virus ini menginfeksi boot sectr media penyimpanan data dengan format DOS File Allocatioan. Virus ini dibuat oleh programmer berumur 19 tahun yang bernama Basit Farooq Alvi dan Amjad Faroog Alvi. Mereka berasal dari Pakistan yang tinggal di Chahmiran, Lahore. Tujuan mereka membuat virus tersebut untuk melindungi software pengobatan karya mereka dari pembajakan. Di dalam virus ini terdapat alamat dan nomor telepon mereka supaya jika komputer orang lain tersebut terinfeksi maka harus menghubungi mereka untuk vaksinasi. Lalu, banyak kalangan yang menelpon, sehingga mereka menjadi kaget dan berusaha menjelaskan tujuan mereka yang bukan untuk berbuat jahat. Dari kisah tersebut, Virus mulai berkembang dan juga memanfaatkan perkembangan teknologi untuk memberikan bentuk ancaman dan serangan yang baru. Berikut adalah perkembangan virus dari berberapa aspek :
  • Dari aspek korban yang dijangkitinya. Virus dulu banyak dibuat untuk menyerang komputer seseorang. Namun sekarang, virus dibuat untuk menyerang sistem komputer yang dimiliki perusahaan dan juga untuk mencuri data-data yang dimilikinya.
  • Dari aspek kompleksitas virusnya. Virus dulu mempunyai sifat simple sehingga mudah dianalisa untuk mencari cara penanggulangannya. Namun sekarang, virus mempunyai sifat yang sangat complex sehingga sangat susah dianalisa dan dibutuhkkan waktu yang lama untuk mencari cara penganggulangannya.
  • Dari aspek media penyembarannya. Virus dulu hanya menyebar melalui floppy disk atau disket. Namun sekarang, virus menyebar melalui berbagai macam media, diantaranya melalui email atau melalui social media.
  • Dari aspek modus pembuatannya. Virus dulu dibuat hanya untuk menyombongkan diri. Namun sekarang, virus dibuat untuk menjadi siluman atau mata-mata di sebuah organisasi atau perusahaan.
  • Dari aspek volume munculnya. Virus dulu muncul rata-rata satu hari satu jenis baru. Namun sekarang, virus muncul rata-rata satu detik satu jenis baru.

Oleh karena, kita perlu mengamankan sistem komputer kita dengan memasang antivirus. Antivirus yang kita pasang tersebut tidak boleh bajakan karena jika bajakan kita tidak melakukan update. Dengan melakukan update pada antivirus kita, maka database antivirus kita mengenai virus-virus baru akan bertambah dan kita menjadi lebih aman. Lalu setelah kita memasang antivirus tersebut, kita rutin melakukan update dan menjadwalkan scanning komputer secara berkala. Jika kita menemukan file virus yang tidak dapat diatasi atau baru, kita dapat mengirimkan data file tersebut ke perusahaan antivirus agar dijadikan sampel bagi perusahaan tersebut untuk diteliti dan dicari penangganannya. 
Dengan perkembangan teknologi ini juga, virus juga sudah mulai menjangkiti sistem operasi yang dimiliki oleh smartphone dan komputer tablet. Sehingga smartphone dan komputer tablet ini juga membutuhkan antivirus yang dapat mengamankan perangkat ini. Dari masalah tersebut, sebagian besar vendor pembuat antivirus berusaha mengembangkan antivirus yang bisa digunakan oleh perangkat mobile tersebut. Selain antivirus, pengembang juga menambahkan fasilitas-fasilitas lain yang dapat memberikan kenyamanan bagi penggunanya, seperti internet security, anti-theft, anti-malware, dan lain-lain.            

Sumber :
  • http://portal.gembels.com/J-o-u-r-n-a-l/cBrain-Virus-Komputer-Pertama-di-Dunia.html
  • http://www.anneahira.com/sejarah-perkembangan-virus-komputer.htm
  • http://belajar-komputer-mu.com/pengertian-dari-perangkat-lunak-atau-software-antivirus-adalah/
  • E-book REI3-CC-KeamananInformasi oleh Prof. Richardus Eko Indrajit


                 

0 komentar:

Posting Komentar

 
;